RSS

Liburan Ke Yogya Dengan Budget Terbatas

29 Jun

Setelah melakukan kegiatan sehari-hari dengan bekerja maka dibutuhkan waktu istirahat yaitu liburan di masa week-end. Namun keinginan tersebut tidaklah mudah diwujudkan karena zaman sekarang liburan membutuhkan dana yang bida dibilang tidak sedikit.

Namun ada cara untuk menyiasati keterbatasan tersebut yaitu dengan cara berlibur hemat ala backpacker. Kota yang tergolong banyak didatangi pengunjung adalah kota Yogya dimana keindahan kota dan budaya Yogya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya.

Berikut Tips perjalanan murah ke Yogya yang penulis kutup dari DetikTravel.

Hari 1:

1. Berangkat menggunakan kereta ekonomi

Agar jalan-jalan tetap menyenangkan dan hemat, berangkatlah menggunakan kereta ekonomi.  Harga tiket kereta ekonomi pun cukup murah, yaitu hanya Rp 35.000. Ingat, begitu tiba di Yogya, langsung pesan tiket pagi untuk kembali jika tidak ingin kehabisan.

2. Sarapan pagi

Begitu sampai di Yogya, Anda bisa menikmati sarapan khas kota Yogya, yaitu nasi gudeg atau nasi pecel. Biasanya, ada banyak kios dadakan yang menjual sarapan di sekitar stasiun. Cukup dengan Rp 5.000, Anda sudah bisa kenyang sampai siang.

3. Penginapan

Nah, untuk masalah penginapan, Anda bisa mendapatkan penginapan murah meriah di sekitar Jalan Prawirotaman atau Sosrowijayan. Kedua jalan ini adalah surganya para backpacker. Letaknya yang sekitar 200 meter dari Stasiun Tugu menjadikannya sebagai lokasi strategis.

Di kawasan jalan ini, Anda bisa mendapatkan kamar seharga Rp 40.000 per malam. Murah bukan? Jadi, jika menginap dua malam, berarti Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 80.000 saja.

4. Makan siang

Siang pun tiba, kini saat kembali mengisi perut. Ada banyak warung makan yang menyediakan santap siang murah meriah di berbagai sudut Kota Yogya. Cukup dengan uang Rp 5.000 Anda sudah bisa mendapatkan makan siang berupa gudeg, krecek, atau bahkan soto ayam, lengkap dengan minumnya.

5. Keliling Yogya

Salah satu cara asyik liburan di Yogyakarta adalah berkeliling kota. Agar jalan-jalan tetap asyik tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, Anda bisa memilih TransJogja sebagai sarana transportasi. Alat transportasi ini melewati tempat-tempat strategis di Yogya, seperti Candi Prambanan, Anda pun cukup membayar Rp 3.500.

Jika ingin berkeliling sambil menikmati udara Yogya, becak bisa menjadi pilihan. Hanya saja, harga yang dipatok untuk berkeliling dengan becak cukup mahal, yaitu sekitar Rp 10.000.

6. Makan Malam

Saat malam menjelang, Anda bisa menikmati suasana tenteram di sekitar alun-alun Yogyakarta. Di sana, ada banyak lesehan yang menjual aneka makanan khas Yogya. Harga yang diberikan pun murah. Maksimal dengan uang Rp 7.000, pelancong sudah bisa menikmati santap malam sampai kenyang. Anda pun bisa menghabiskan malam sambil duduk-duduk. Alunan musik pengamen jalanan semakin memeriahkan suasana malam.

Hari ke-2:

1. Sarapan

Di hari kedua, cobalah mengawali hari dengan menikmati lezatnya sarapan di depan Pasar Beringharjo. Pasar tradisional ini memang selalu ramai pengunjung sejak pagi hari. Jalanlah ke depan pasaran, Anda bisa menemukan aneka jajanan dan sarapan pagi khas Yogyakarta. Nasi pecel yang nikmat bisa Anda cicipi dengan harga Rp 7.000. Jika ingin melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi kawasan wisata, jangan lupa membeli bekal untuk makan siang di pasar ini. Biasanya, harga makanan di kawasan wisata jauh lebih mahal dari pada di pasar.

2. Wisata kota

Setelah sarapan, jalan-jalan bisa dilanjutkan menuju Keraton Yogyakarta. Untuk masuk ke Keraton Kesultanan Yogyakarta, Anda cukup membayar Rp 3.000. Masukilah kerajaan di Indonesia ini dan selami sejarahnya.

Selain keraton, masih ada banyak tempat wisata murah yang bisa Anda datangi saat liburan di Yogya, seperti Taman Sari yang tak jauh dari pusat kota. Objek wisata ini hanya memungut biaya masuk sebesar Rp 3.000.

3. Belanja

Jalan-jalan rasanya kurang lengkap tanpa membawa oleh-oleh . Agar jalan-jalan tetap hemat, Anda bisa singgah ke kawasan Malioboro untuk membeli sedikit cinderamata. Aneka gelang etnik yang menarik, dijual Rp 1.000 per barang cocok untuk diberikan kepada kerabat di kota asal. Jangan lupa menawar,ya jika ingin mendapat harga yang lebih murah.

4. Makan malam

Sama seperti malam sebelumnya, Anda bisa menikmati makan malam di sekitar alun-alun. Untuk malam ini, cobalah makan malam di angkringan dengan menu utama nasi kucing. Kemudian, tutup hari Anda dengan minum segelas sekoteng hangat sambil mendengar alunan lagu dari musisi jalanan. Jangan kuatir soal harga, satu nasi kucing hanya seharga Rp 1.500 dan aneka sate dihargai dari Rp 500-1.000.

Hari ke-3:

1. Sarapan

Puas berakhir pekan di Yogyakarta, kini saatnya kembali ke kota asal. Sambil menunggu, Anda bisa menikmati aneka jajanan khas Yogyakarta. Jangan lupa juga untuk membawa bekal selama perjalanan. Perut kenyang, Anda pun bisa pulang dan kembali ke kota asal.

 
Leave a comment

Posted by on June 29, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: