RSS

Pemakaian Teknologi GPS di KRL

28 Jun

Apakah ada dari teman-teman yang ketika naik kereta namun salah turun di stasiun yang bukan tujuan anda? Jika ya, berarti anda sepengalaman dengan penulis. Minimnya fasilitas di dalam rangkaian kereta seperti announcer yang jarang mengumumkan posisi kereta berada juga tidak adanya petugas yang berjaga di dalam rangkaian kereta. Hal tersebut cukup membuat pengguna kereta terutama orang awam yang jarang naik kereta menjadi bingung dimana letak stasiun.

Untuk mengatasi hal tersebut PT. KCJ sebagai operator KRL di Jabodetabek memasang sebuah stiker di pintu-pintu kereta untuk memberitahukan kepada pengguna kereta letak-letak stasiun agar penumpang bisa memperhitungkan berapa stasiun lagi ia akan turun. Namun kekurangan dari stiker ini adalah tidak semua orang mengerti gambar stiker tersebut.

Pada tahun 2012 PT. KCJ memberikan inovasi baru yaitu dengan menanamkan teknologi GPS di kereta. Hal ini baru dilakukan di beberapa kereta yang mengalami PAL (Perawatan Akhir Lengkap) maupun kereta baru seperti rangkaian KFW-Boombardier yang dipesan di PT. INKA. Salah satu kereta yang sudah dioperasikan adalah rangkaian ex Tokyo Metro 5816 atau disebut Djoko Vision.

Sistem yang ada pada rangkaian Djoko Vision adalah akan terdengar secara otomatis posisi kereta berada dimana dan letak kereta tergambar di dalam sebuah layar LCD di dekat pintu kereta. Inovasi yang bagus dari PT. KCJ. Berikut gambaran dari rangkaian 5816 (Djoko Vision)

 

 

Sumber gambar : http://indotetsudoufan.blogspot.com/

 
Leave a comment

Posted by on June 28, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: