RSS

Mengontrol Keuangan Pribadi Dengan Cara Pemrioritasan Kebutuhan

15 Dec

Gaya hidup yang konsumtif memang sedang melanda masyarakat terutama masyarakat Indonesia yang terkenal dengan pola konsumsi yang tinggi dibandingkan dengan produksinya. Banyaknya kebutuhan hidup masyarakat membuat semua orang menjadi berpola konsumtif, misalnya mahasiswa yang membutuhkan suatu pemuas kebutuhan dalam mendukung sistem kuliahnya atau seorang ibu rumah tangga yang membutuhkan alat-alat di rumah untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Sayangnya sikap pola konsumtif tersebut terkadang tidak seimbang dengan dana yang dimiliki seseorang. Jadi masyarakat haruslah merubah pola konsumtif tersebut agar dapat mengelola keuangan mereka dengan pemrioritasan kebutuhan. Kebutuhan yang paling mendesaklah yang harus dibeli terlebih dahulu dan singkirkan semua keperluan yang bukan kebutuhan utama.

Berikut tips yang dapat saya bagi dalam pemrioritasan kebutuhan

1. Pikir terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu. Maksudnya adalah jangan membeli suatu barang karena hanya sebuat keperluan fashion ataupun hanya ikut-ikutan teman. Misalnya bapak Andre membutuhkan suatu handphone untuk berdagang tetapi ia melihat temannya memakai Blackberry Onix 2 dan ia pun ikut ingin membeli Blackberry Onix 2. Contoh seperti ini tidaklah bagus karena pakailah sesuai dengan kebutuhan dengan membeli handphone yang tidak terlalu mahal alias cuma ikut-ikutan saja.

2. Pilih makanan murah meriah. Maksudnya adalah jangan sering membeli makan yang mahal atau makan di restoran terkenal. Hematlah pengeluaran dengan memasak sendiri atau membeli lauk di warteg saja.

3. Menabunglah selagi bisa. Menabung sangat dibutuhkan ketika ada sebuah kebutuhan yang tidak terencana. Misalnya untuk membeli obat dan perawatan sakit.

Sekian tips dari saya. Semoga tulisan ini berguna bagi pembaca sekalian.

 
Leave a comment

Posted by on December 15, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: