RSS

Fotokopi Ramah Lingkungan

11 Nov

Mesin Fotokopi

     Fotokopi saat ini sangatlah berguna sekali baik bagi anak sekolah, mahasiswa sampai orang kantoran memerlukan fotokopi. Sebabnya adalah karena fotokopi bisa membuat salinan yang mirip sekali dengan cepat dan biaya yang sangat murah dibanding mencetak ulang. Menurut survey di lapangan diketahui pengguna hasil mesin fotokopi paling banyak adalah dari kalangan mahasiswa karena mahasiswa sering memerlukan salinan catatan dari dosen ataupun untuk keperluan ujian akhir.

     Dampak negatif dari fotokopi adalah penggunaan kertas yang sangat banyak bahkan dari satu tukang fotokopi saja bisa menghabiskan 10-20 rim kertas HVS maupun jenis kertas A4. Tidak bisa dibayangkan kertas yang terpakai sangatlah banyak sekali jika diakumulasikan semua tukang fotokopi di Indonesia. Penggunaan kertas yang banyak tersebut berdampak pada penggundulan hutan untuk bahan baku kertas sehingga mengancam ekosistem alam.

     Banyak juga solusi agar fotokopi bisa lebih ramah lingkungan misalnya fotokopi bolak-balik yang bisa menghemat kertas sehingga hanya sedikit kertas yang terpakai, memakai kertas daur ulang untuk fotokopian yang kurang bermanfaat seperti catatan atau salinan dari dosen, dan bisa juga memakai mesin fotokopi terbaru yang lebih hemat listrik serta dapat menghemat tinta untuk fotokopi.

     Kesadaran dari masyarakat sendirilah yang akan bisa membuat fotokopi menjadi lebih ramah terhadap lingkungan dan tidak menggerus ekosistem alam yang sudah ada ini.

 
Leave a comment

Posted by on November 11, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: