RSS

PASAR MODAL

17 May

8.1 Pengertian

Pasar modal adalah kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek atau perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya atau lembaga profesi yang berkaitan dengan efek untuk melakukan transaksi jual beli.

Tujuan pasar modal adalah mempercepat proses ikut sertanya masyarakat dalam pemilikan saham menuju pemerataan pendapatan masyarakat serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengerahan dana.

Efek adalah surat berharga yang berupa surat pengakuan utang, surat berharga komersal, saham, obligasi, tanda bukti utang, bukti right, waran.

8.2 Dasar Hukum

1. Undang-undang No. 8 Tahun 1995, tentang pasar modal

2. Peraturan Pemerintah No. 45 Tahun 1995, tentang Penyelenggaraan Kegiatan di bidang Pasar Modal.

3. Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 1995, tentang Tata Cara Pemeriksaan di bidang Pasar Modal.

4. Surat Keputusan Menteri Keuangan No. 645/KMK.010/1995, tentang Pencabutan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1548 Tahun 1990 tentang Pasar Modal.

5. Surat Keputusan Menteri Keuangan No. 646/KMK.010/1995, tentang Pemilikan Saham  atau Unit Penyertaan Reksadana oleh Pemodal  Asing.

6. Surat Keputusan Menteri Keuangan No. 647/KMK.010/1995, tentang Pembatasan Pemilikan Saham Perusahaan Efek oleh Pemodal  Asing.

7. Keputusan Presiden No. 117/1999 tentang Perubahan atas Keppres No. 97/1993 tentang Tata Cara Penanaman Modal sebagaimana telah diubah dengan Keppres No. 115/1998.

8. Keputusan Presiden No. 120/1999 tentang Perubahan atas Keppres No. 33/1981 tentang Badan Koordinasi Penanaman Modal sebagaimana terakhir dengan Keppres No. 113/1998

9. Keputusan Presiden No. 121/1999 tentang Perubahan atas Keppres No. 183/1998 tentang Badan Koordinasi Penanaman Modal, yang telah diubah dengan Keppres No. 37/1999.

10. Keputusan Menteri Negara Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal No. 38/SK/1999 tentang Pedoman dan Tata Cara Permohonan Penanaman Modal yang didirikan dalam rangka Penanaman Modal Dalam Negeri dan Penanaman Modal Asing.

8.3 Produk dalam Pasar Modal

1. Saham

Saham merupakan penyertaan dalam modal dasar suatu perseroan terbatas, sebagai tanda bukti penyertaan tersebut dikeluarkan surat saham/surat kolektif kepada pemegang saham.

Hak Pemilik Saham antara lain deviden, suara dalam RUPS, peningkatan modal atau selisih nilai.

2. Obligasi

Obligasi merupakan surat pernyataan utang dari perusahaan kepada para pemberi pinjaman.

Hak Pemilik Obligasi antara lain pembayaran bunga, pelunasan utang, peningkatan nilai modal.

3. Reksadana

Reksadana merupakan sertifikat yang menjelaskan bahwa pemilik menitipkan uang kepada pengelola reksadana untuk digunakan sebagai modal berinvestasi di pasar uang atau pasar modal.

Hak pemilik sertifikat reksadana antara lain deviden, peningkatan nilai modal, hak menjual kembali.

8.4 Para Pelaku dalam Pasar Modal

1. Pelaku

Pelaku, yakni pembeli dana/modal baik perorangan maupun kelembagaan/badan usaha yang menyisihkan kelebihan dana/uangnya untuk usaha yang bersifat produktif, serta adanya penjual modal/dana, yaitu perusahaan yang memerlukan dana atau tambahan modal untuk keperluan usahanya.

2. Emiten

Emiten adalah pihak yang melakukan penawaran umum atau perusahaan yang memperoleh dana melalui pasar modal.

3. Komoditi

Komoditi adalah barang yang diperjualbelikan, dapat berpa bursa uang, modal, timah, karet, tembakau,minyak,emas,perkapalan, asuransi dan lain-lain.

4. Lembaga Penunjang

Lembaga Penunjang adalah yang erkait dalam kegiatan pasar modal serta lembaga-lembaga swasta yang terkait sebagai profesi penunjang.

5. Investasi

Investasi merupakan kegiatan menanamkan modal, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan harapan mendapatkan sejumlah keuntungan.

8.5 Instansi Yang Terkait dalam Pasar Modal

8.5.1 Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM)

Tugas dan Fungsi BAPEPAM:

  1. Pembinaan,pengatur dan pengawasan sehari-hari.
  2. Mewujudkan terciptanya kegiatan pasar modal yang teratur, wajar dan efisien, serta melindungi kepentingan pemodal dan masyarakat.
  3. Bertindak sebagai wasit yang adil bagi pelaku pasar modal, yakni perusahaan yang go publik, penjamin emiten, investor, broker.
  4. BAPEPAM bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan.

Kewenangan  BAPEPAM :

  1. Memberi izin usaha, izin perorangan, persetujuan, dan mewajibkan pendaftaran.
  2. Menetapkan persyaratan dan tata cara penyertaan pendaftaran serta menyatakan penundaan atau membatalkan pendaftaran.
  3. Mengadakan pemeriksaan dan penyidikan dalam hal-hal terjadi peristiwa yang diduga merupakan pelanggaran terhadap undang-undang dan atau peraturan pelaksanaannya.
  4. Melakukan pemeriksaan terhadap emiten, perusahaan publik, dan pihak yang disyaratkan memiliki izin usaha, izin perorangan, persetujuan atau pendaftaran.
  5. Menunjuk pihak lain untuk melakukan pemeriksaan tertentu dalam rangka pelaksanaan wewenang BAPEPAM.
  6. Membekukan atau membatalkan pencatatan suatu efek pada bursa efek atau menghentikan transaksi bursa atau efek tertentu.
  7. Menetapkan instrumen lain sebagai efek.

8.5.2 Bursa Efek

Bursa Efek adalah lembaga yang menyelengarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana untuk mempertemukan penawaran, jual beli efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek di antara mereka, sehingga dapat disimpulkan bursa efek adalah pihak yang mengambil alih fungsi BAPEPAM yang pertama sebagai pelaksana pasar modal.

8.5.3 Lembaga Kliring dan Penjaminan (LKP)

Lembaga Kliring dan Penjaminan adalah pihak yang menyelengarakan jasa kliring dan penjamin penyelesaian transaksi bursa.

8.5.4.Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian(LPP)
Lembaga Penyimapana dan Penyelesaian adalah pihak yang menyelenggarakan kegiatan custodian sentral bagi bank kustodian, perusahaan efek, dan pihak lain.

8.6 Reksadana

Reksadana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyrakat pemodal, untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

8.7 Lembaga Penunjang dalam Pasar Modal

Lembaga penunjangdalam pasar modal merupakan pendukung/penunjang beroperasinya suatu pasar modal. Dalam menjalankan fungsinya lembaga penunjang terdiri dari :

  1. Penjamin Emisi

Adalah pihak yang membuat kontrak dengan emiten untuk melakukan penawaran umum bagi kepentingan emiten, dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli sisa efek yang tidak terjual.

  1. Penanggung (guarantor)

Penanggung, yakni untuk memperkuat dan untuk kepercayaan pemodal maka diperlukan jasa penanggung yang akan membayar pinjam pokok maupun bunga yang dibayar tepat waktu, sehingga nkewajiban penanggung kepada pemodal akan timbul jika emiten tidak mampu dan lalai memenuhi kepentingan pemodal.

  1. Wali amanat

Adalah perwakilan untuk kepentingan pemodal.

  1. Perantara perdagangan efek

Adalah seorang yang dapat dipercaya untuk menyampaikan harga jual dan beli saham/obligasi yang disediakan oleh bursa efek.

  1. Pedagang efek (dealer)

Adalah pemodal yang melakukan jual beli efek. Namun, yang dapat menjadi pedagang efek adalah lembaga-lembaga yang sudah mendapat izin usaha dari Menteri Keuangan RI.

  1. Perusahaan surat berharga

Adalah perusahaan yang tercatat di bursa efek mengkhususkan diri tidak hanya perdagangan efek, tetapi melakukan kegiatan underwriter, perantara perdaganan efek dan penyediaan jasa pengelola dana.

  1. Perusahaan pengelola dana

Adalah suatu perusahaan yang ditunjuk oleh pemodal untuk melakukan pengelola dana dan penyimpanan dana.

  1. Biro Administras iEfek (BAE)
    Adalah pihak yang berdasarkan kontrak dengan emiten untuk melakukan pencatatan pemilikan efek dan pembagian hak yang berkaitan dengan efek dan memberikan informasi terhadap perubahan pemilikan.

8.8  Profesi Penunjang dalam Pasar Modal

Profesi penunjang dalam pasar modal, antara lain

  1. Notaris

Adalah pejabat umum yang berwenang membuat akta otentik dan terdaftar di BAPEPAM.

  1. Konsultan hukum

Adalah pihak yang memberikan pendapat dari segi hukum mengenai segala kewajiban yang mengikat perusahaan yang hendak go public secara hukum, sehingga dalam proses penjualan efek calon pembeli memperoleh informasi yang akurat.

  1. Akuntan publik

Adalah seorang yang bertanggungjawab memberikan pendapat terhadap kewajaran laporan keuangan perusahaan yang hendak go public dan bukan kebenaran atas laporan keuangan.

  1. Perusahaan penilai

Adalah pihak yang melakukan kegiatan penilaian kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan yang hendak go public.

8.9  Larangan dalam Pasar Modal

Larangan dalam pasar modal misalnya:
1. Penipuan dan manipulasi dalam kegiatan perdagangan efek

Penipuan dan manipulasi dalam kegiatan perdagangan efek adalah setiap pihak dilarang secara langung maupun tidak langsung, antara lain:

  1. Menipu atau mengelabui pihak lain dengan menggunakan sarana atau cara apapun.
  2. Membuat pernyataan tidak benar mengenai fakta meterial atau tidak mengungkapkan fakta yang material agar pernyataan yang dibuat tidak menyesatkan mengenai kedanaan yang terjadi pada saat pernyataan dibuat dengan maksud untuk menguntungkan, menghindarkan kerugian untuk diri sendiri atau pihak lain dengan tujuan mempengaruhi pihak lain untuk membeli atau menjual efek.
  3. Setiap pihak dilarang dengan cara apapun membuat pernyataan, memberikan keterangan secara meterial tidak benar, menyesatkan, sehingga pada saat pernyataan dibuat atau keterangan telah diberikan menetapkan mempengaruhi harga efek di bursa efek.
  4. Setiap pihak baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama dengan pihak baik dialrang melakukan dua transaksi efek atau lebih, baik langsung maupun tidak langsung, sehingga menyebabkan harga efek di bursa efek tetap naik atau turun dengan tujuan mempengaruhi pihak lain untuk membeli, menjual atau menahan efek.

2.  Perdagangan orang dalam (insider trading)

Adalah seseorang yang membocorkan informasi terhadap indormasi rahasia yang belum diumumkan kepada masyarakat, sehingga dapat merugikan pihak lain.

3. Larangan bagi orang dalam

a. Mempengaruhi pihak lain untuk melakukan pembelian atau penjualan atas efek dimaksud

b. memberikan informasi orang dalam kepada pihak manapun yang patut diduga dapat menggunakan informasi dimaksud untuk melakukan pembelian atau penjualan atas efek.

4. Larangan bagi pihak yang dipersamakan dengan orang dalam

a. Setiap pihak yang berusaha untuk memperoleh informasi orang dalam dari orang dalam secara melawan hukum dan kemudian memperolehnya dikenakan larangan yang sama dengan larangan yang berlaku bagi orang lain.

b. Setiap pihak yang berusaha untuk memperoleh informasi orang dalam dan kemudian memperolehnya tanpa melawan hukum tidak dikenakan larangan yang berlaku bagi orang dalam sepanjang informasi tersebut disediakan oleh emiten atau perusahaan publik tanpa pembatasan.

5. Perusahaan efek yang memiliki informasi orang dalam

Perusahaan efek yang memiliki informasi orang dalam mengenai emiten atau perusahaan publik dilarang melakukan transaksi efek emiten atau apabila perusahaan publik tersebut dilakukan bukan atas tanggungannya sendiri, tetapi atas perintah nasabahnya dan perusahaan efek tersebut tidak memberikan rekomendasi kepada nasabahnya mengenai efek yang bersangkutan.

8.10          Sanksi terhadap larangan

  1. Sanksi administrasi, seperti
    1. Peringatan tertulis,
    2. Denda,
    3. Pembatasan kegiatan usaha,
    4. Pembekuan kegiatan usaha,
    5. Pencabutan izin usaha,
    6. Pembatalan perjanjian,
    7. Pembatalan pendaftaran.
  1. Sanksi Pidana
    1. Dikenakan terhadap pihak yang melakukan pelanggaran pidana di bidang pasar modal.
    2. Bentuk sanksi, terdiri dari

1)      Pidana kurungan paling lama satu tahun dan denda setinggi-tingginya Rp1.000.000.000,00 (satu milyar rupiah).

2)      Penjara paling lama (sepuluh tahun dan denda setinggi-tingginya Rp15.000.000.000,00 (lima belas milyar rupiah).

 

 
Leave a comment

Posted by on May 17, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: