RSS

LOGO GRAND INDONESIA DIGUGAT

01 Mar

Hetty Evelyne, istri mendiang Hendrik Hermanus Joel Ngantung atau Henk Ngantung bersiap menggugat pengelola pusat belanja Grand Indonesia Shopping Town (GIST) atas penggunaan gambar Tugu Selamat Datang pada logonya. Penggunaan logo yang identik dengan sketsa hasil karya Henk Ngantung itu dinilai tanpa seizin keluarga mantan Gubernur DKI ke-II yang menjabat 1964-1965.

 

“Seharusnya ada semacam permintaan Izin dulu Jika ingin menggunakan (sketsa Itu). Ada pengakuan saja bahwa gambar itu hasil karya suami saya dan Itu sudah saya hargai,” kata ibu berusia 71 tahun itu.

Henk Ngantung yang meninggal tahun 1991, dikenal sebagai seniman dengan karya berupa sketsa dan lukisan. Karya skesanya pernah dibukukan oleh penerbit Sinar Harapan, dengan judul Sketsa Henk Ngantung. Karya Henk lainnya adalah lambang Kostrad dan lambang DKI Jakarta, serta beberapa lukisan yang menjadi incaran kolektor seperti Pemanah, Gajah Mada dan Ibu dan Anak.

Sketsa Tugu Selamat Datang dibuat tahun 60-an. Bung Karno, yang juga pengagum Henk, saat itu meminta sketsa tersebut dan menugaskan Edhi Sunarso, pematung dari Jogja untuk menuangkannya menjadi patung Selamat Datang di Bundaran Hl. Jika pengelola GIST tetap tidak menghargai karya Henk, Evelyne akan melakukan gugatan hukum.

Tentang keberatan Evelyne tersebut, Grand Indonesia tidak risau. Logo tersebut, menurut Government and Corporate Affairs PT Grand Indonesia Koentjoro Noerwibowo, memang terinspirasi Tugu Selamat Datang. Dalam pembuatan logo tersebut ti kreatif GI sudah menghubungi Edi Sunarso pada tahun 2004 untuk meminta izin menjadikan karya bersejarah tersebut sebagai logo komersial GI.  Logo tersebut pun sudah mendapatkan paten dari Ditjen Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Kementerian Hukum dan HAM pada 21 November 2006. Itulah sebabnya GI merasa tak perlu melakukan mediasi dengan keluarga Henk.

Kasus ini memang agak unik, GI tak merasa meniru sketsa Tugu Selamat Datang, buatan Henk, tapi mengaku terinspirasi oleh Tugu Selamat Datang, karya Edhi. Padahal dasar karya Edhi adalah sketsa bikinan Henk.

Kalo mencoba berfikir terbalik, maka bisa disimpulkan tak akan ada logo GI yang mirip Tugu Selamat Datang. Alasannya begini. Edhi Sunarso pasti tidak bisa membuat Tugu Selamat Datang (seperti yang terlihat saat ini), tanpa sketsa karya Henk. Nah tim kratif GI pun pasti tak bisa bikin logo tensebut bila di bundaran HI tak ada Tugu Selamat Datang.

Saya tidak paham dengan persoalan legal dan paten (mudah-mudahan ada yang bisa memberi pencerahan), tampaknya dengan izin dari Ditjen HAKI, keberadaan logo GI secara legal memang kuat. Tapi tentu tak ada salahnya, bila GI mau minta izin pada keluarga Henk.

Melalui kasus ini tanggapan saya sebagai seorang mahasiswa adalah lebih berhati-hati jika dalam ingin membuat logo sesuatu sebab mungkin saja logo tersebut mirip dari karya orang lain yang telah lebih dahulu dibuat. Jika hal itu terjadi dan kita mendapat inspirasi dari karya orang lain maka kita harus mengakuinya.

Walaupun terkadang karya kita sudah memiliki hak paten di ditjen HAKI tetapi bisa saja karya kita diklaim oleh orang lain yang mirip karyanya dengan karya yang kita buat. Kasus ini memang agak unik dan sebetulnya sebuah pengakuan saja sudah cukup untuk membuktikan bahwa telah terinspirasi dari karya orang lain.

 

 

(Sumber : Koramtempo.com dan berbagai referensi lainnya)

 

 
1 Comment

Posted by on March 1, 2011 in Uncategorized

 

One response to “LOGO GRAND INDONESIA DIGUGAT

  1. ridwan

    April 15, 2011 at 13:37

    pihak GI salah meminta izin kepada Edi Sunarso, karena beliau adalah pelaksana pembuatan patung secara fisik dari desain henk ngantung. analoginya jika seorang desainer interior mendesain sebuah kursi, dan diwujudkan menjadi sebuah kursi oleh seorang tukang kayu berdasarkan gambar dari sang desainer interior. disebut sebagai karya siapakah kursi tsb?

    Mesjid istqlal karya arsitek silaban atau karya para kuli bangunan yang membangun mesjid tsb secara fisik?

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: