RSS

MENGENAL INTERNET LEBIH JAUH

28 Feb

Teknologi internet dimulai pada tahun 60-an yaitu pada proyek milik Department of Defence USA dan dinamai ARPANET. Mereka membuat jaringan internet tahan banting sehingga jaringan ini harus bisa bekerja maksimal walapupun ada gangguan yang rusak. Tahun 1985 NFS membuat sebuah backbone internet yang memperbolehkan akses gratis bagi semua group riset di America Serikat. Itulah sejarah berdirinya internet.

Internet adalah jaringan computer yang terdiri atas kumpulan computer, kumpulan jaringan kecil maupun jaringan besar yang saling terhubung dan dapat melakukan tukar menukar informasi maupun data. Internet sifatnya sangat global dan tidak tersentralisasi. Internet sangat identik dengan servicenya seperti email, web, ftp, streaming dan lainnya.

Internet diatur oleh protocol yang membuat kinerja internet dapat berjalan dengan sangat baik. Protokol itu sendiri adalah suatu tata cara atau aturan yang disepakati oleh semua pihak untuk melakukan service tertentu. Internet berbasis protocol yang bernama TCP/IP yang mengatur tatacara email, HTTP, dan mengatur tata cara berselancar di internet berbasis hypertext. Jika tidak ada protocol maka seluruh service internet tidak dapat dijalankan.

Fasilitas yang terdapat di internet antara lain :

  1. Web browser

Sebuah software yang berfungsi untuk membaca informasi berbasis hypertext misalnya membaca berita, menulis blog, forum, chat, gaming dan sebagainya. Contohnya adalah Google Chrome, Mozilla Firefox dan sebagainya.

  1. E-mail

Fasilitas internet yang berfungsi untuk mengirimkan pesan elektronik ke alamat surat elektronik lainnya. Email disediakan oleh berbagai vendor seperti Yahoo dan Google.

  1. Forum

Fasilitas ini berfungsi untuk berdiskusi antar sesame pengguna internet seperti YahooGroup, Kaskus, Nyit-Nyit dan sebagainya.

 

  1. FTP

Fasilitas ini berfungsi untuk melakukan transfer file dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya. Misalnya download dan upload data.

Bagaimana setiap computer yang terhubung ke internet bias dikenali satu sama lain? Dengan menggunakan system alamat di internet. Setiap computer atau device yang terhubung ke jaringan internet harus memiliki IP Address. IP Address adalah sebuah nomor unik dan bias dikenali di internet. Contoh IP Address 202.152.0.232.

Kelemahan internet adalah betapa banyaknya kasus penipuan di internet, situs berbau pornografi yang banyak beredar dan mudah diakses oleh anak di bawah umur, dan internet menjadi sarang virus computer. Tetapi kelemahan tersebut dapat ditututi oleh berbagai kelebihan internet.

(Referensi : Buku BSW Gramedia)

 
Leave a comment

Posted by on February 28, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: