RSS

DISPARBUD DITUDUH MELANGGAR HAKI

28 Feb

Dinas Pariwisata dan Budaya provinsi mengakui telah menggunakan banyak foto wartawan tanpa seizin pemiliknya. Pelanggaran udang-undang HAKI ini, sudah berlangsung sejak 2005 dan setiap tahun mencetak 2.000 lembar dalam bentuk brosur dan peta wisata.

“Setiap tahun kami melakukan perubahan gambar di brosur dan peta. Foto yang kami muat begitu saja, tanpa perlu mengetahui pemilik foto,” kata Sekertaris Dinas Pariwisata dan Budaya, Yulianus Batara Saleh kepada wartawan dan pewarta foto yang melakukan aksi unjukrasa, Kamis (8/4) kemarin.

Unjukrasa wartawan dan pewarta foto di Gedung Mulo itu, guna menuntut pertanggungjawaban Dinas Pariwisata yang diduga telah melanggar Undang-Udang HAKI dengan cara membajak foto wartawan Reuters, Yusuf Ahmad.

Yulianus menjelaskan setiap tahun dinas menyelenggarakan tender untuk pembuatan brosur dan peta wisata. Peserta tender diharuskan mengajukan foto menarik, termasuk foto yang diajukan dinas untuk dijadikan kalender wisata. Nilai tendernya, mulai dari Rp20 juta sampai Rp100 juta setiap tahun.

Hasil cetakan brosur dan peta wisata ini, disebarkan kesejumlah biro perjalanan, hotel, restoran, dan manca negara untuk dibagikan kepada wisatawan domestik dan manca negara. Foto yang terpampang di brosur dan peta, katanya, tidak pernah dipertanyakan asal usulnya dan siapa pemiliknya. “Terus terang kami akui melakukan pelanggaran. Setiap foto yang disodorkan tidak pernah memperoleh izin dari pemiliknya. Kami tidak pernah menanyakan siapa pemilik foto,” jelasnya.

Namun dia mempersalahkan pihak ketiga yang memenangkan tender karena mengakui foto yang dibajak sebagia hasil karya mereka. Sehingga Dinas langsung menyetujui dan mengucurkan anggaran pencetakan brosur dan peta wisata. Menurutnya dinas hanya pengguna dan korban dari kebohongan pihak ketiga. “Ini pelajaran yang sangat berharga, sehingga kedepan kami akan lebih berhati-hati. Kalau perlu dinas pariwisata akan melakukan lomba foto,” tuturnya. (dikutip pada tgl 28 Februari pukul 19.00 dari Tempointeraktif.Com).

Menurut saya banyak kejadian serupa yang terjadi Indonesia dengan menggunakan hasil karya seseorang tanpa sepengetahuan pemilik dari karya tersebut. Bahkan dinas pariwisata pun dulu pernah ikut menjadi pelaku pelanggaran HAKI dengan menggunakan foto milik seorang wartawan. Akan tetapi uniknya dari kejadian tersebut adalah bahwa Dinas pariwisata dan kebudayaan hanyalah korban dari pihak ketiga yang mengaku memiliki foto tersebut dan ini menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata tidaklah sepenuhnya salah.

Saat ini di Indonesia sudah memiliki hukum yang kuat tentang HAKI itu sendiri dan hukumannya tidak main-main bagi yang melanggar hak atas kekayaan intelektual tersebut. Ide juga termasuk ke dalam HAKI dan tidak sembarang orang dapat langsung menjiplak hasil pemikiran orang lain.

Tanggapan saya akan kasus ini adalah supaya semua pihak harus mempertanyakan keaslian idea tau karya orang lain  dan juga memastika telah mendapat izin dari pemilik karya tersebut untuk digunakan bagi kepentingan yang lain. Jadi jika kita ingin memakai suatu karya orang lain kita harus mengusut asal usul karya tersebut dan jika kita langsung memakainya tanpa meminta izin kepada pemilik karya tersebut maka siap-siap saja anda akan dituntut ke meja hijau.

Penegakan hukum kasus hak atas kekayaan intelektual tidak berdiri sendiri, tetapi sangat tergantung pada proses penegakan hukum secara umum, oleh karena itu kalau sistem penegakan hukum secara umum baik maka penegakan hukum HAKI juga akan baik. Perlu digalakkan lebih kuat lagi dalam memberantas kasus HAKI karena sudah banyak kasus seperti penyalahgunaan foto oleh Disparbud yang sudah diajukan ke meja hijau.

Semoga kesalahan yang dibuat Disparbud pada kasus ini tidak terulang kembali dan bias menjadi pelajaran bagi banyak pihak untuk lebih menghargai lagi hasil karya orang lain dengan meminta izin dulu kepada pemilik karya tersebut.

 
Leave a comment

Posted by on February 28, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: