RSS

AYO BERKOPERASI

28 Dec

AYO IKUT KOPERASI!

Dewasa ini banyak sekali masyarakat yang telah meninggalkan koperasi dan melupakan apa itu koperasi sehingga banyak yang tidak tahu betapa kita bisa melakukan kegiatan dalam asa kekeluargaan. Secara harfiah koperasi adalah jenis badan usaha yang berdasarkan prinsip ekonomi rakyat.

Pertama-tama saya akan menjelaskan tentang fungsi dan peran koperasi sesuai dengan Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4:

–       Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.

–       Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.

–       Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko-gurunya.

–       Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional, yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

–       Mengembangkan kreativitas dan membangun jiwa berorganisasi bagi para pelajar bangsa.

 

Di tengah zaman globalisasi pada saat ini kita menyadari bahwa sebagian besar rakyat Indonesia masih jauh hidup di bawah standar kelayakan hidup. Mayarakat tidak mempunyai cukup modal yang tinggi untuk bersaing dengan orang lain yang mempunyai modal kuat. Contohnya pengusaha warung rumahtangga menjadi kalah bersaing disbanding minimarket di desa atau kota (ex. Indomaret, Alfamart dll).

Sebenarnya ada cara untuk bersaing dengan pengusaha kelas atas tersebut seperti semangat kerjasama atau gotong royong yang terlihat hilang dan ini adalah cirri dari koperasi. Koperasi mengandalkan prinsip kekeluargaan sehingga kita bisa mampu menciptakan daya saing yang tinggi di era globalisasi dewasa ini.

 

Sebagai contoh kita bisa melihat negara China yang dulu tidak ada apa-apanya karena masyarakatnya yang begitu banyak tetapi tidak mampu bersaing dengan kaum kapitalis. Sehingga muncul ide semangat kerjasama yang apik yang membuat China bisa menjadi Negara maju dan menjadi calon Negara adikuasa di dunia.

Pada saat ini pengelolaan koperasi di Indonesia masihlah jauh dari harapan karena pemerintah dan masyarakat hanya memandang hal tersebut dengan sebelah mata saja. Padahal jika pemerintah mendukung sektor menengah ke bawah seperti koperasi ini maka kemajuan Indonesia pun sangat memungkinkan. Koperasi saat ini hanyalah dikuasai oleh pemilik modal dan melenceng jauh dari nilai-nilai koperasi yang sesungguhnya.

Koperasi akan besar jika semakin banyak anggota yang terhimpun misalnya dengan uang Rp.1000 saja jika terdapat 1000 anggota maka sudah mendapat kas koperasi sebesar Rp.1000.000. Bagaimana jika lebih dari itu? Seandainya saja jika masyarakat Indonesia menyadarinya maka akan berdampak luar biasa kepada status ekonomi dan social masyarakat Indonesia.

Saya sebagai penulis ini pun ingin mengajak anda bergabung ke koperasi agar kita bisa memajukan Negara ini dengan semangat gotongroyong. Saya yakin Indonesia akan lebih baik ekonominya dibandingkan saat ini. Sistem koperasi sekarang agak melenceng karena menjadi seperti system perbankan yang memakai bunga tinggi. Padahal koperasi tidaklah seperti itu dan koperasi akan memberikan hibah kepada anggotanya jika mendapatkan keuntungan.

Manfaat koperasi sebenarnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota baik dalam tatanan ekonomi maupun sosial. Kesejahteraan yang erat kaitannya dengan pemanfaatan jasa dari koperasi ikut membantu anggota dalam menghadapi kesulitan terutama yang menyangkut persoalan keuangan. Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi juga menjadi salah satu elemen penting dalam meningkatkan kesejateraan anggota koperasi yang telah tergabung ke dalam koperasi tersebut.
Sebagai salah satu badan usaha yang ditujukan untuk kepentingan bersama, kesejahteraan anggota koperasi mutlak harus didahulukan karena anggota koperasi adalah elemen terpenting yang menjadi roda penggerak koperasi.

 

Keuntungan dari Koperasi adalah Bunga yang dibebankan kepada peminjam. semakin banyak uang yang disalurkan akan memperbesar keuntungan koperasi. Disamping itu, keuntungan lainnya adalah memperoleh biaya-biaya administrasi yang dibebankan kepada peminjam. Kemudian keuntungan juga dapat diperoleh dari hasil investasi lain yang dilakukan di luar kegiatan peminjam, misalnya penempatan uang dalam bidang surat-surat berharga.

Dari keuntungan, fungsi dan manfaatnya saja kita jadi bisa tahu koperasi itu sangat berguna sekali walaupun koperasi tidaklah sebesar badan usaha yang lain tetapi kita bisa membesarkan koperasi jika kita mau saja bergabung di koperasi. Ayo berkoperasi kawan untuk mengubah bangsa ini!

 

 

(sumber : id.wikipedia.org dan berbagai sumber)

Nama     : FERRY LAKSMANA

Kelas     : 2EB01

NPM      : 21209048

 

 
Leave a comment

Posted by on December 28, 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: