RSS

SUMBER ENERGI DAN MANUSIA

27 Dec

Perkembangan zaman terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Perubahan ini didorong oleh perkembangan pengetahuan manusia, karena dari waktu ke waktu manusia pasti mengalami proses belajar. Salah satu kehidupan manusia yang selalu berubah adalah pemanfaatan sumber energi bagi kehidupan manusia.

Dahulu sumber energi yang dimanfaatkan hanyalah kayu bakar untuk memasak makanan tetapi lama kelamaan ditemukan sumber energi lain yang lebih mudah dan lebih cepat dalam penggunaannya. Hampir semua aktivitas manusia berhubungan dengan sember energi.

Matahari merupakan sumber dari segala sumber energi yang telah diciptakan Tuhan untuk kehidupan makhluk hidup di dunia ini. Sumber energi lain yang memiliki peranan penting adlaah minyak bumi. Hampir semua hasil olahannya dimanfaatkan menjadi sumber energi.

Hampir semua masyarakat di dunia bertumpu pada penggunaan hasil olahan minyak bumi dari industri raksasa sampai ibu rumah tangga. Hal ini menyebabkan minyak bumi menjadi barang mahal dan sering menimbulkan masalah. Tak jarang terjadi sengketa untuk memperebutkan barang tambang ini.

Kelemahan minyak bumi adalah sifatnya yang tidak bisa diperbaharui. Proses pembentukannya memakan waktu jutaan tahun sementara eksploitasinya berlebihan sehingga persediaan minyak bumi yang semakin tipis terus menerus.

Deposit minyak bumi sudah semakin langka. Dahulu bisa ditambang di daratan lalu mulai ke daerah pantai dan sekarang telah menggunakan teknologi maju untuk memproduksi minyak dari dasar laut. Permintaan minyak dunia setiap tahun semakin meningkat dan hal ini yang membuat harga minyak bumi semakin melonjak drastis.

Kenaikan harga minyak dunia  sangat berpengaruh di kehidupan terutama di Indonesia. Ini terlihat dengan pengurangan subsidi BBM yang dilakukan pemerintah saat ini.

Sudah saatnya kita harus berpikir dan berusaha mengembangkan kreativitas dan kejelian untuk menhasilkan energi lain selain dari minyak bumi. Indonesia memiliki potensi kekayaan alam yang luar biasa melimpah untuk menghasilkan sumber energi alternatif. Selama ini masyarakat lebih senang menggunakan bahan bakar minyak padahal Indonesia memiliki batubara atau gas yang bisa digunakan sebagai abahan bakar.

 

sumber : Membuat Bio Gas (Suhut Simamora)

 
Leave a comment

Posted by on December 27, 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: