RSS

SAMPAH ADALAH “EMAS”

27 Dec

Sampah adalah Emas? Mungkin hampir sebagian orang mengira saya salah tulis tetapi memang benar bahwa sampah itu adalah emas jika kita dapat memanfaatkannya dengan baik. Sampah yang kita kenal sebagai barang yang kotor dan sangat menjijikan itu ternyata terbukti bisa mendatangkan banyak uang. Sampah bisa dibuat untuk kompos, bahan bakar biosolar dll.

Sampah sebenarnya masih bisa dimanfaatkan apabila kita mau memilahnya antara yang mana sampah organik dan sampah anargonik. Sampah organik adalah sampah yang bisa mengalami pelapukan dan terurai menjadi bahan yang lebih kecil dan tidak berbau. Contoh dari sampah organik itu sendiri seperti sisa sayuran, sisa tanaman, dedaunan yang berguguran di pinggir jalan. Sementara sampah anargonik adalah sampah yang tidak bisa mengalami pelapukan seperti bahan dari plastik, kertas ataupun logam.

Jumlah sampah organik setiap hari terus bertambah seiiring dengan konsumsi rumahtangga yang kian meningkat. Dari hasil survey menunjukkan bahwa sampah organik dihasilkan setengan kilogram per orang per hari. Apa jadinya jika sampah tersebut tidak diolah? Jelas akan mengakibatkan pencemaran yang luar biasa.

Tapi jika kita bisa mengolah sampah organik tersebut menjadi kompos dan menjualnya maka kita akan mendatangkan banyak uang dan sampah bukan lagi barang menjijikan tetapi bagaikan “emas”.

Caranya bisa beragam seperti di rumah sediakan dua buah tempat sampah, satu untuk tempat sampah organik dan satu lagi untuk sampah anorganik. Jika sampah organik sedikit maka kita bisa langsung mengolahnya di drum plastik namun jika jumlahnya banyak maka bisa dilakukan di kebun atau bak besar lalu ditutup dengan terpal atau karung goni (bekas beras zaman dahulu).

Dengan cara seperti ini maka banyak sekali manfaat yang kita peroleh diantaranya lingkungan menjadi nyaman dan bersih serta menambah penghasilan keluarga dari penjualan kompos tersebut.

 
Leave a comment

Posted by on December 27, 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: