RSS

KREDIT USAHA MENENGAH

04 Oct

Koperasi merupakan sebuah kata yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Ya, karena kita pasti telah mempelajari seluk beluk Koperasi di sekolah. Baik itu pengertian, lambang, sejarah, dan hal-hal lainnya. Tapi apakah anda mengingat kapan itu hari Koperasi Nasional? Mungkin hal ini sering terlewat bagi anda yang tidak terlalu memperhatikan.

Hari Koperasi Nasional jatuh pada tanggal 12 Juli setiap tahunnya. Beberapa waktu lalu, Presiden R.I, Susilo Bambang Yudhoyono turut serta memperingati hari jadi Koperasi Nasional yang ke-63 di Markas Komando Daerah Militer V/Brawijaya Surabaya.

Namun ada yang berbeda dari peringatan tersebut. Karena peringatan hari Koperasi Nasional tersebut tidak jatuh pada tanggal 12 Juli 2010 tapi 15 Juli 2010. Telat 3 hari dari tanggal sebenarnya. Hal ini disebabkan karena Presiden yang berhalangan hadir pada tanggal 12 Juli 2010.

Hal seperti ini pernah terjadi juga pada tahun sebelumnya di Samarinda, Kalimantan. Mungkin hal seperti ini terlihat sepele, tapi menurut pendapat pribadi saya hal seperti ini seharusnya tidak terulang lagi. Ini jika dipandang dari aspek penerapan kedisiplinan. Ya, ini hanya sekedar intermezzo. Ada hal lain yang ingin saya bahas di sini. Yakni mengenai hal apa saja yang ingin akan dikerjakan oleh Koperasi pada tahunnya yang ke-63 ini.

Seperti yang telah dilansir diberbagai media masa atau media cetak, pada puncak peringatan hari Koperasi Nasional itu Ketua Umum Dekopin dijadwalkan menyampaikan laporan kepada Presiden. Acara itu juga diisi dengan penyerahan Kredit Usaha Rakyat dan Dana Program Kemitraan Bina Lingkungan untuk sejumlah debitur di Jawa Timur. Serta beberapa hal lain.

Satu hal yang menarik perhatian saya adalah, Kredit Usaha Rakyat. Hal ini tentu disambut baik oleh kalangan pengusaha menengah. Terlebih lagi apabila program ini diperkuat dengan kemudahan yakni bebas angunan. Menarik bukan? Jika dipikirkan secara langsung tentunya hal ini akan berdampak pada kesejahteraan rakyat. Apabila program ini berjalan dengan baik maka hasil yang dipetik adalah berkurangnya lingkaran setan, yakni tingkat kemiskinan di Indonesia. Memang tidak terlihat langsung, tapi apabila si debitur mau berusaha membuka suatu lapangan pekerjaan dalan skala kecil saja hal ini mungkin akan memmengaruhi hasil akhir dari program ini.

 
Leave a comment

Posted by on October 4, 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: