RSS

MENGENAL JENIS PROCESSOR PC

26 May

Processor adalah sebuah perangkat keras yang menjadi otak sebuah komputer dan jikalau PC tanpa processor maka PC tidak dapat dijalankan. Semakin banyak Core yang terdapat di dalam PC maka akan lebih cepat kinerja sebuah komputer tersebut.

Perusahaan pengembang processor untuk PC ynag terkenal di dunia ada 2 yaitu AMD dan Intel. Intel pertama mengeluarkan produknya yaitu yang bernama Pentium. Perkembangan Pentium dilakukan hingga saat ini karena Pentium merupakan salah satu processor terbaik yang pernah dipasarkan.

Pentium yang pertama bernama Pentium 1 kemudian berkembang menjadi Pentium 4 dan sekarang telah mencapai Dual Core Pentium dan Quad Core Pentium. pentium memiliki keunggulan yaitu tahan panas dan tidak mudah rusak walaupun dipakai 24jam nonstop.

Selain Pentium, Intel mempunyai Core i3, i5, i7 untuk desain grafis. Sedangkan untuk kantoran Intel mengandalkan Celeron dan Dual Celeron yang dapat dibeli dengan harga terjangkau. Untuk sebuah server Intel mengeluarkan Intel Xeon. Selain di atas ada keluarga processor Core 2 yaitu Core 2 Duo dan Core 2 Quad.

Pesaing terbesar Intel yaitu AMD mempunyai banyak beragam processor mulai dari single core sampai quadcore. AMD memiliki keunggulan harga terjangkau dan sangat bagus untuk desain grafis.

Contoh produk AMD adalah: AMD Phenom X4, AMD Athlon X2, Athlon X4, AMD Turion dan lain-lain. Kelemahan AMD adalah panas yang terlalu tinggi sehingga dibutuhkan minimal 2 fan di dalam CPU komputer.

 
Leave a comment

Posted by on May 26, 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: