RSS

LINUX

24 May

SAATNYA BERGANTI KE OPEN SOURCE (SAY NO TO CLOSED SOURCE OS)

Beberapa tahun belakangan ini perkembangan Windows jauh lebih pesat daripada sistem operasi lain semisal linux dan Mac OS tetapi karena sifat Windows yang Closed Source alias harus membayar lisensi yang tinggi membuat sebagian pengguna komputer enggan menggunakan OS ini di komputer mereka apalagi saat ini perkembangan linux sangatlah cepat.

Keunggulan Windows adalah betapa mudahnya mendapatkan aplikasi OS ini tetapi begitu mudahnya juga rentan terhadap virus. Kelemahan ini yang membuat para pengembang komputer berpikir untuk membuat suatu sistem operasi yang aman dan mudah digunakan.

Linux merupakan salah satu sistem operasi terbuka yang dikembangkan secara gratis bagi seluruh masyarakat dunia tanpa harus membayar lisensi yang mahal. Bahkan di situs resminya kita bisa mendapat kiriman CD Linux gratis tetapi harus sabar menunggu 6 minggu waktu pengiriman. Contoh Linux yang memberikan CD gratis ini adalah Ubuntu.

Tampilan Linux tidak jauh berbeda dengan Windows bahkan lebih baik daripada tampilan Windows yang terlalu ramai. Ada macam-macam jenis Linux semisal Ubuntu, Mandrake, DLL.

Instalasi Linux pun lebih mudah daripada Windows XP yang memakan waktu sangat lama dalam instalasinya.

Kelemahan Linux yang paling menonjol adalah sedikitnya aplikasi yang mendukung Grafis sehingga aplikasi ini kurang disarankan untuk grafis. Tetapi bagi pengguna Netbook maupun Notebook yang berfokus pada internet dan office tidak akan menemui masalah yang berarti. Apakah anda siap mengganti OS anda?

(Ferry laksmana)

 
Leave a comment

Posted by on May 24, 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: